Learn IT, Love IT…

PENELITIAN SOSIAL

Penelitian merupakan kegiatan ilmiah yang menggunakan metode ilmiah, dilaksanakan secara logis-rasional untuk menemukan fakta-fakta melalui suatu proses analisis dan pengujian. Hal ini berarti bahwa kegiatan penelitian merupakan cara kerja ilmiah yang memerlukan pemahaman khusus untuk melakukannya, terutama yang menyangkut konsep metode. Dalam implementasi metode, seorang peneliti sosial harus mampu mengidentifikasi permasalahan sosial yang akan ditelitinya, sehingga metode yang digunakan dapat bekerja efektif dan mampu menjawab seluruh pertanyaan penelitian.

Kesalahan metodologi dalam penelitian, akan menimbulkan kefatalan terhadap hasil penelitian terutama yang menyangkut legalitas dan keabsahannya. Dengan demikian, seorang peneliti sosial atau pemerhati masalah sosial harus menguasai konsep metode penelitian sosial dengan baik dan benar.

Dengan demikian, penelitian sosial merupakan kegiatan riset terhadap gejala-gejala sosial yang menyangkut manusia dan masyarakat, untuk mengungkap fakta-fakta sosial dan kemudian memverifikasinya secara historisnormatif.

Setelah ditemukan fakta-fakta sosial, maka seorang peneliti harus sanggup memberi makna di balik fakta-fakta sosial tersebut, sehingga hasil penelitian sosial tidak hanya berhenti pada fakta, melainkan bergerak pada proses pencarian makna sosial dalam rangka memberi masukan yang berguna untuk memecahkan permasalahan-permasalahan sosial yang sangat kompleks.

Dalam posting kali ini saya tuliskan beberapa pertanyaan yang terkait dengan Metode Penelitian Sosial Sederhana :

  1. Buatkan satu judul penelitian yang mencakup semua persyaratannya agar terangkai judul penelitian yang baik !
  2. Jelaskan perbedaan antara metode penelitian kualitatif dan kuantitatif !
  3. Apa yang dimaksud dengan populasi dan sampel ?
  4. Berikan contoh data primer dan data sekunder !
  5. Jelaskan langkah-langkah dalam melakukan penelitian social !

 

Seorang peneliti dalam mengkomunikasikan hasil penelitiannya harus mengusahakan agar khalayak menjadi pendengar yang baik. Sehingga tujuan penelitian dapat dipahami dan menimbulkan rangsangan tehadap khalayak.

Usaha-usaha yang dapat dilakukan oleh pembicara agar khalayak dapat memahami hasil dari penelitian sebagai berikut. Pertama, pembicara harus memberikan pengantar yang menarik dan mungkin mengangkat permasalahan yang kontrovesial sehingga pendengar terangsang untuk menanyakan materi penelitian yang disampaikan. Pengantar yang menarik inilah akan menciptakan suasanana yang menyenangkan dan meimbulkan pertanyaan bagi khalayak ramai. Kedua, pembicara harus dapat menciptakan kewibawaan terhadap khalayak dalam penyampaian materi.

 

  1. Berdasarkan hal-hal tersebut, maka jelaskan pendapatmu tentang apa yang harus seorang peneliti lakukan untuk memiliki dua point di atas ? ( pertanyaan khusus bagi peserta remedial kuis )

 

Catatan :tulis jawaban kalian pada halalamn blog masing-masing dan laporkan alamat blognya pada komentar posting dibawah ini !

Leave a Comment

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s