Learn IT, Love IT…

IT RelatedGaptek! —bisa menggunakan PC/Laptop, Ponsel, iPad, dan alat elektronik lainnya masih berkata gaptek (gagap teknologi). Ucapan yang tidak bertanggung jawab =) apalagi sekarang sudah banyak dibuka tempat-tempat pelatihan IT (Information Technology).

Tapi bukan itu yang ingin saya tulis, melainkan tentang e-learning dan blogging. Sekolah yang bergerak menuju Bilingual dan Digital School adalah sekolah yang berkhaskan bilingual dan digital, sekolah digital adalah sekolah yang menginformasikan semua informasi secara digital—salah satu contohnya adalah Papan Informasi Digital (Digital Information Board), pada papan informasi ini akan diinformasikan kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan kegiatan Pendaftatan Siswa Baru, kegiatan pembelajaran intra dan ekstra, informasi nilai, tugas, materi pelajaran dan lain sebagainya. Di mana para pengajar dan siswa harus mempersiapkan diri untuk terbiasa menggunakan sistem digital.

Belum semua mau menggunakan sistem digital ini, entah apa alasannya. Namun jika alasannya adalah “Saya tidak bisa atau Saya belum menguasainya”, maka dalam hal ini agar sistem sekolah digital ini dapat terimplementasikan maka diperlukan adanya Pelatihan atau Workshop, salah satunya tentang e-learning dan blogging sebagai medianya.

Hubungan e-learning dan blog adalah di mana blog menjadi media pembelajaran bagi pengajar untuk memberikan materi pembelajaran melalui internet, sehingga peserta didik dapat membuka materi dengan menggunakan internet dan bisa langsung mengerjakan serta memberikan feedback atau komentar pada materi yang di posting melalui blog tersebut, dan pengajar pun bisa langsung membalas feedback atau komentar tersebut.

E-Learning merupakan sebuah metode pembelajaran jarak jauh yang memanfaatkan fasilitas internet. Banyak sekali aplikasi yang memang dikhususkan untuk membuat e-learning, contohnya moddle, tetapi bisa juga dengan menggunakan blog dalam menerapkan e-learning ini. WordPress adalah CMS (Content Management System) yang dapat dikreasikan oleh para blogger, misalnya untuk membuat jurnal, diary, tutorial, portfolio, dan dapat juga dikreasi sebagai situs e-commerce. WordPress sekarang ini banyak juga digunakan oleh para pengajar untuk memberikan materi secara online.

Namun, pada akhirnya semua kembali lagi kepada pengajar itu sendiri, mau atau tidak menggunakannya…?

Leave a Comment

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s